Ban Kendaraan, Kualitas Ban Pengaruhi Efisiensi Bahan Bakar

1.11.20120 comments

JAKARTA, Kualitas ban dapat mempengaruhi efisiensi penggunaan bahan bakar. Jika ban berkualitas baik, penggunaan bahan bakar dapat semakin dihemat. erkait hal itu, Hankook Tire, produsen ban tujuh besar di Korea Selatan, memperoleh nilai tertinggi dalam kategori efisiensi energi ban untuk jenis ban Hankook Efren Eco H433.
Sertifikasi diberikan oleh Badan Manajemen Energi Korea Selatan (Kemco).
Siaran pers konsultan Hankook Tire, Radityo Prabowo, yang diterima Kompas, Selasa (10/1/2012), menyebutkan, selain dari Kemco, Efren Eco H433 Desember 2011 juga memperoleh peringkat AAA dari Jepang sebagai ban yang ramah lingkungan.
Prinsip utama di balik sistem pemeringkatan efisiensi bahan bakar adalah menyediakan informasi bagi konsumen dalam memilih ban yang paling aman dan efisien.
Secara umum, efisiensi bahan bakar kendaraan meningkat saat hambatan gulir ban terhadap jalan menurun.
Dari data yang diterima Hankook Tire, perbedaan efisiensi bahan bakar antara peringkat 1 dan peringkat 5 adalah sekitar 1,6 kilometer setiap liter.
Sebagai ilustrasi, sebuah mobil ukuran sedang rata-rata berisi 50 liter bahan bakar. Jika memilih ban dengan peringkat tinggi, konsumen akan mampu menjadikan mobil menempuh jarak hingga 80 kilometer lebih sebelum harus mengisi bahan bakar kembali. (BUR)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : iklangratis4u | iklannumber1
Copyright © 2012-2014. medangaul - All Rights Reserved
Template Created by medangaul
Terimakasih Atas Kunjungan Anda