Kehadiran Wanita Kurangi Kecerdasan Pria

1.26.20120 comments

Pernahkah Anda merasakan lidah menjadi kelu atau tak bisa berpikir jernih saat berada di dekat seorang wanita yang dikagumi? Anda tak sendirian. Ternyata cukup banyak pria yang mendadak menjadi dungu saat berinteraksi, bahkan cuma dengan memikirkan, seorang wanita.

Hal tersebut mungkin ada kaitannya dengan upaya seorang pria dalam memikat lawan jenisnya. Berbeda dengan kaum wanita yang mayoritas lebih mementingkan tampilan fisiknya, para pria umumnya berusaha terlihat cerdas atau lucu di depan wanita yang disukainya.

"Pria jadi sibuk memikirkan kalimat apa yang akan diucapkan selanjutnya atau bagaimana membuat wanita di depannya terkesan. Semua itu membutuhkan kemampuan akal," kata ketua peneliti Sanne Nauts. Usaha tersebut cenderung lebih keras jika wanita yang ditaksir sangat menarik.

Yang menarik, kebuntuan kerja otak sesaat tersebut ternyata tidak dialami oleh kaum wanita. Menurut Nauts, hal tersebut berkaitan dengan teori evolusi. Secara alamiah pria memiliki dorongan untuk menunjukkan kepada lawan jenisnya bahwa ia adalah pria paling unggul yang bisa dipilih.

Teori tersebut coba dibuktikan oleh Nauts melalui penelitian yang melibatkan 71 mahasiswa dan mahasiswi yang diminta menyelesaikan rangkaian soal sederhana untuk mengukur kecerdasan mereka. Selama proses pengisian soal itu, baik pria atau wanita, diberitahu bahwa mereka diamati oleh rekan lawan jenisnya.

Meski para mahasiswa itu tidak tahu apa yang diamati para mahasiswi dari diri mereka, nyatanya hal itu sudah bisa membuat mereka grogi sehingga kemampuan mereka menjawab soal menurun 14 persen. Sebaliknya dengan para mahasiswi, mereka tetap mampu mengerjakan tugas-tugasnya meski dikatakan ada lawan jenis yang mengamati mereka.


Sumber :
Share this article :

Post a Comment

 
Support : iklangratis4u | iklannumber1
Copyright © 2012-2014. medangaul - All Rights Reserved
Template Created by medangaul
Terimakasih Atas Kunjungan Anda